Amalan Supaya Menerima Air Telaga Kautsar

Hanya orang-orang beruntung yang kelak meminum air telaga Al-Kautsar, telaga yang Allah berikan kepada Rasulullah SAW menyerupai tertera dalam surah Al-Kautsar. Bagaimana tidak, air telaga ini sangat berguna sesuai kebutuhan semua insan pertama sampai insan terakhir dalam menjalani huru-hara hari Kiamat.

Tetapi hanya orang istimewa yang meminum air telaga Al-Kautsar pribadi dari tangan pemiliknya, Nabi Muhammad SAW. Belum lagi suguhan pribadi dari tangan Rasulullah SAW yang tentu akan menunjukkan pengalaman rohani dan kepuasan batin yang berbeda.

Keistimewaan ini sebetulnya sanggup diupayakan. Para ulama menganjurkan kita untuk membaca doa sehabis azan menyerupai yang diajarkan Rasulullah SAW berikut ini:

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الْدَّعَوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاةِ القَائِمَةِ، آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا الوَسِيْلَةَ وَالفَضِيلَةَ، وابْعَثْهُ مَقَاْمًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَّهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ المِيْعَادَ

“Ya Allah, wahai Tuhan pemilik dakwah yang sempurna, Tuhan pemelihara ibadah shalat yang terlaksana, berikanlah Nabi Muhammad SAW kehormatan status wasilah dan fadhilah. Bangkitlah ia di daerah terpuji yang Kau janjikan. Sungguh Engkau tidak mengingkari janji.”



Setelah membaca doa itu, sebagian ulama menganjurkan kita untuk menambahkannya dengan doa berikut ini:

وَأَوْرِدْنَا حَوْضَهُ وَاسْقِنَا مِنْ يَدِهِ الشَّرِيْفَةِ شُرْبَةً هَنِيْئَةً مَرِيْئَةً لَا نَظْمَأُ بَعْدَهَا أَبَدًا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

“Ya Allah, antarkan kami melewati telaga Kautsar milik Rasulullah SAW. Berikanlah kesempatan bagi kami meminum pribadi dari tangan pemiliknya yang mulia seteguk air telaga yang yummy dan nikmat itu di mana kami selamanya takkan mengalami haus sehabis meminumnya. Hai Tuhan yang maha pengasih.”

Doa ini sengaja dibaca di waktu antara adzan dan iqamah alasannya yakni waktu ini merupakan salah satu waktu mustajabah. Doa ini sanggup ditemukan di kitab “Hasyiyatul Baijuri ala Syarhi Ibni Qasim Al-Ghazzi”. Semoga Allah deretkan kita dalam barisan orang beruntung yang meminum air Al-Kautsar pribadi dari suguhan Rasulullah SAW. Amin.

Wallahu A’lam


Sumber: Situs PBNU

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Mimpinya Kh. Manshur Maskan Bertemu Rasulullah Saw

Kisah Lelaki Penakluk Panasnya Api Dunia